23 kasus aktif cacar monyet di Jakarta, DKI Sanitasi: Segera isolasi meski kasusnya ringan

TEMPO.CO, Jakarta – Menambahkan item cacar monyet atau Mpox di Jakarta disebabkan oleh kontak seksual yang dekat, kasus positif tidak menunjukkan gejala, namun tes usap pada alat kelamin dan bokong menunjukkan hasil positif.

Kepala Bagian Perawatan, Epidemiologi dan Imunisasi mengatakan: “Saat ini ada hubungan yang kuat dengan kontak seksual, bahkan 90 hingga 100 persen penyakit Mpox sebagian besar ditularkan melalui hubungan seks berisiko tinggi.” Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama s.d temponya Melalui pesan WhatsApp, Rabu 1 November 2023.

Laporan dari situs https://surveilans-dinkes.jakarta.go.id mengupdate jumlah kasus cacar monyet atau monkeypox di Jakarta per 31 Oktober 2023 pukul 19.00 tercatat 23 orang. Tingkat positif PCR adalah 33%.

Semuanya memiliki gejala ringan, tertular melalui hubungan seksual, dan laki-laki berusia 25 hingga 50 tahun dan dirawat di rumah sakit.

Ngabila mengungkapkan Pelacakan Hal itu dilakukan, yakni dengan pemeriksaan PCR dan usap laboratorium pada seluruh kontak seksual di dekat kasus positif, meski tidak menunjukkan gejala.

Dia menjelaskan, kontak erat nonseksual dikontrol setiap hari hingga 21 hari. Jika ada gejala maka dilakukan usap. Katanya: Kalau tidak ada gejala apa pun, tidak perlu diisolasi dan diswab.

Periklanan

Ngabila mengatakan hal itu Mpox Dikatakan mendesak jika upaya deteksi, pencegahan, dan respons tidak efektif. Segera dikenali atau didiagnosis untuk pengobatan. Active Case Discovery telah mengeluarkan surat edaran (SE) untuk meningkatkan kesadaran akan pedoman cacar monyet dan cacar monyet.

Deteksi kasus aktif tidak hanya pada kasus kontak erat, tapi juga gejala suspek yang merujuk ke puskesmas, dan jika memiliki kriteria mencurigakan atau mencurigakan, segera dilakukan tes PCR.

Pencegahan dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Vaksinasi terhadap 500 orang kelompok berisiko akan dimulai di Jakarta minggu depan. Seseorang diberikan dua dosis dengan selang waktu empat minggu.
2. Memberikan informasi dan edukasi yang luas untuk mencegah penyakit melalui tiga cara yaitu pola hidup bersih dan sehat, memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Hindari kontak kulit dan luka; Lakukan hubungan seks yang aman, sehat dan bersih. Hindari seks jika Anda sakit atau mengalami gejala.
3. Setiap kontak erat dimonitor gejalanya setiap hari oleh Puskesmas subbagian, jika ada gejala dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga  BMW tak berminat menurunkan harga jual mobilnya karena tingginya pesanan

Balasan untuk memutus rantai transmisi dalam penantian masif. Jika ada kasus positif cacar monyet atau Mpox, segera diisolasi di rumah sakit, meski kasusnya ringan.

Pilihan Redaksi: 21 kasus cacar monyet di Jakarta, Hero Budi enggan membeberkan daerah asal penderitanya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *