Sandiaga optimistis pemilu 2024 tidak mengganggu pariwisata: justru mendongkrak pergerakan wisatawan: Okzon Travel

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Manparkraf/Kabaparkraf), Sandiaga Salahuddin Ono Ia mengaku optimis agenda politik tahun depan, yakni Pemilu 2024, tidak berdampak pada sektor pariwisata, melainkan mendongkrak pergerakan wisatawan.

“Secara keseluruhan, saya optimistis pemilu benar-benar akan mendorong pariwisata dalam negeri,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga usai menghadiri acara Siap Bekerja untuk Rumah di Sheraton Mustika Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Sandy, akan banyak aktivitas terkait seluruh aktivasi menjelang 14 Februari 2024 yang merupakan hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2024.

Infografis tren perjalanan 2023

“Tahun 2024 juga akan ada Pilkada, jadi dampaknya secara keseluruhan akan positif,” kata Sandiaga.

Berdasarkan hal tersebut, program-program yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus dilaksanakan bahkan diperkuat, termasuk agenda pemasarannya. Berdasarkan data, minat wisatawan untuk berwisata ke Indonesia semakin meningkat.

Dia menyebutkan data keikutsertaan Indonesia pada ajang London World Travel Market (WTM) pada 6-9 November 2023. Semula nilai paket potensial (paket wisata per wisatawan) yang terjual diperkirakan mencapai 91.000 orang, namun di hari ketiga potensi pax sudah mencapai 125.000 orang.

Tingginya minat tersebut tak lepas dari indeks perkembangan pariwisata Indonesia yang naik 12 peringkat di atas Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Ikuti berita Okezone Berita Google


“Jadi ini merupakan tuntutan yang sangat tinggi yang akan terus kita dorong dalam konsep pariwisata berkualitas dan berkelanjutan sehingga bisa membuka peluang usaha yang lebih luas,” kata Sandiaga.

Untuk itu, ia pun mendorong berbagai pihak termasuk Rumah Siap bekerja sama dengan pemerintah dalam mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya melalui peningkatan kapasitas UMKM.

Baca Juga  Musim kedua House of The Dragon akan tayang tahun depan

Infografis destinasi wisata dengan prioritas utama

“Saya mengucapkan selamat kepada Rumah Siap Kerja yang telah memulai momentum bertransformasi menjadi Rumah Siap Usaha untuk membantu UMKM dalam memulai usaha. Sehingga perubahan transformasi demografi reward yang kita harapkan 15 tahun ke depan dapat mempercepat pertumbuhan perekonomian kita. Indonesia Maju pada tahun 2045 dengan konsep Indonesia Emas.

Martini Mohammad Paham, Wakil Presiden Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, turut hadir dalam upacara ini. Kepala Eksekutif Pemerintahan Borobudur, Agustin Warinangin; dan Roztiandi Tsamanov, CEO Roma Siap Bekerja.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *