Top 3 Dunia: Isi Bantuan Indonesia ke Palestina, Kisah 3 WNI di Gaza

TEMPO.CO, Jakarta – 3 berita teratas dunia sehari sebelumnya masih memuat informasi perang antara Israel dan Hamas. Kabar pertama bermula dari dikirimkannya paket bantuan dari Indonesia ke Gaza Palestina. Indonesia mengirimkan bantuan ke Palestina sebanyak 51,5 ton yang berisi berbagai kebutuhan.

Berita kedua dari 3 besar dunia adalah kelompok Wagner Rusia yang disebut-sebut membantu Hizbullah melawan Israel. Namun Rusia langsung membantah tuduhan tersebut. Terakhir, di antara 3 orang teratas dunia, ada kisah tiga WNI yang selamat di Gaza. Mereka menolak dievakuasi oleh pemerintah Indonesia. Berikut berita lengkapnya:

1. Indonesia Kirim 51,5 Ton Bantuan ke Gaza Palestina, Apa Untungnya?

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan ke Tanah Air Palestina Hari ini, Sabtu, 4 November 2023. Sebanyak 51,5 ton bantuan disalurkan kepada masyarakat terdampak di Gaza. perang Hamas Israel.

Menurut Jokowi, bantuan tersebut mencakup berbagai kebutuhan mulai dari penjernihan air minum hingga peralatan kesehatan. “Bantuan yang disalurkan disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza, misalnya alat penjernih air minum yang banyak permasalahannya,” ujarnya saat konferensi pers di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu.

Bantuan pengolahan air minum termasuk dalam salah satu komponen yang dikirimkan pemerintah Indonesia pada gelombang pertama. Pemerintah juga mengirimkan peralatan medis yang dibutuhkan oleh petugas kesehatan di rumah sakit Gaza, makanan yang tidak memerlukan penyimpanan keras, dan obat-obatan.

Jika dihitung berdasarkan berat, total bantuan kemanusiaan mencapai 51,5 ton yang terbagi dalam dua gelombang pengiriman.

Bantuan gelombang pertama berbobot lebih dari 21 ton dikirim dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan dua pesawat Hercules C-130 dan A-1328 masing-masing dari Skuadron Udara 31 dan Skuadron Udara 32 TNI AU.

Baca Juga  Peluang Bisnis Di Kota Magelang Terbaru

Lebih dari 30 ton bantuan diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten menggunakan pesawat kargo Boeing 737.

Baca di sini Berita lengkap




Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *