Daftar Tempat Wisata Kaliwrang Yogyakarta yang Populer untuk Dikunjungi

TEMPO.CO, Jakartakaliwarna, kawasan yang terletak di kaki Gunung Merapi, Yogyakarta, merupakan destinasi wisata populer di Indonesia. Nama Kalivarang memiliki asal usul yang menarik. Waktu Dalam bahasa Indonesia artinya sungai, sementara udang Itu adalah dialek Jawa yang berarti manusia. Jadi, Kaliurang secara harafiah bisa diartikan sebagai sungai manusia atau sungai tempat tinggal manusia.

Kaliwarang memiliki pemandangan alam yang memukau, berbagai atraksi menarik dengan harga terjangkau yang pastinya akan memberikan pengalaman liburan tak terlupakan. Di bawah ini daftar beberapa tempat wisata di Kaliwrang yang wajib Anda kunjungi.

1. Taman Kalivarang

Taman Kaliwrang merupakan destinasi liburan yang sangat nyaman dan terjangkau untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Suasana sejuk dengan banyaknya pepohonan menimbulkan rasa damai. Pengunjung juga bisa membawa makanan dan minuman dari luar.

Di Taman Kaliwrang, Anda akan menemukan berbagai elemen dekoratif seperti patung raksasa yang menggambarkan kisah tujuh anak, lorong naga yang mengundang petualangan, seluncuran dinosaurus yang menyenangkan, patung gajah yang menawan, dan berbagai ayunan. Jika Anda ingin mengajak anak berlibur, taman ini adalah tempat yang tepat untuk Anda.

Jika ingin berkunjung ke Taman Kaliwrang, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 25 ribu untuk dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. Taman Kaliwrang beroperasi setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Taman Kaliurang terletak di Jalan Kaliurang KM 21, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

2. Kebun Binatang Suraloka

Kebun Binatang Suraluka merupakan salah satu wisata edukasi yang ada di Kaliwrang. Objek wisata yang dibuka pada Desember 2021 ini tak pernah sepi pengunjung. Ternyata Kebun Binatang Suraluka punya lebih dari 400 hewan lho! Selain berinteraksi dengan hewan, ada berbagai wahana yang bisa Anda coba.

Kebun Binatang Suraluka buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB. Tiket masuk Kebun Binatang Suraloka berharga Rp 30.000 per orang, belum termasuk tiket perjalanan tambahan. Kebun Binatang Suraluka di Jl. Boyong No. 97, Kaliwrang, Hargobinangon, Pakem, Selman, Yogyakarta

3. Stonehenge Juja

Tahukah Anda tentang Stonehenge di Inggris? Batu vertikal yang disusun melingkar ini adalah salah satu tempat paling terkenal di dunia. Tak perlu jauh-jauh ke Inggris, ada di Yogyakarta!

Baca Juga  Heru Budi hari ini memanen 3,5 ton cabai rawit dari seluruh wilayah Jakarta Timur.

Stonehenge Yogyakarta Ini adalah replika situs Stonehenge yang terkenal. Lokasi ini sangat cocok untuk berfoto terutama untuk sesi pre-wedding dengan latar belakang pemandangan menakjubkan, termasuk Gunung Merapi yang terlihat jelas saat cuaca cerah.

Stonehenge Jogja berlokasi di Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Meski akses menuju tempat ini tidak beraspal, namun bisa dicapai dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, atau bisa menyewa mobil jeep dari Kalirang dengan harga sekitar 400.000 Toman. Terdapat fasilitas lain seperti persewaan sepeda motor/skuter listrik, toilet dan warung untuk kenyamanan pengunjung di tempat ini.

4. Kalivarang Putri Telugu

Tlogo Putri Kaliurang merupakan sebuah danau buatan. Dulunya merupakan kolam renang dan menggunakan sumber air alami Tlogo Muncar. Sayangnya kolam ini sudah tidak aktif lagi.

Sebagai destinasi wisata air, Tlogo Putri menawarkan beragam keindahan alam, serta pertunjukan seni yang diadakan setiap hari Minggu, serta berbagai aktivitas seperti penyewaan kano dan skuter listrik. rubah terbangjuga taman bermain.

Dekat dengan Terminal Kaliwrang tepatnya Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Selain memiliki tempat parkir yang luas, pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan warung makan dan tempat membeli oleh-oleh.

Periklanan

Tlogo Putri Kaliurang beroperasi setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 16:00 WIB. Harga tiket masuknya 6000 Toman. Bagi yang membawa kendaraan dikenakan biaya parkir sebesar 2.000 toman untuk sepeda motor, 10.000 toman untuk mobil, dan 20.000 toman untuk bus.

5. Desa wisata Leduc Sambi

Leduc Sambi, destinasi wisata di sekitar Kaliwrang yang menawarkan pengalaman alam yang unik. Terletak di pedesaan yang menyegarkan, Le Duc Sambi merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi dengan berbagai aktivitas untuk dinikmati.

Keindahan Leduc Sambi terletak pada hamparan sawah yang luas, udara sejuk dan suasana tenang yang menimbulkan perasaan mendalam. Di sini, Anda berkesempatan untuk berpartisipasi dalam aktivitas luar ruangan, belajar tentang seni dan budaya lokal, serta merasakan kehidupan sehari-hari penduduk setempat.

Baca Juga  Belajar dari target pelaksanaan PPDB Bali

Lokasinya di Jalan Kaliurang KM. 19, Kecamatan Sava, Pakembinangon, Pakem, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi anda yang ingin berwisata ke desa ini, tidak dipungut biaya masuk. Anda hanya perlu membayar parkir.

6. Museum Olen Santalo

Museum Olen Santalo Merupakan museum seni dan budaya Jawa yang diresmikan oleh Gubernur DI Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam VIII. Terletak di kawasan Kaliurang, tepatnya Jl. Boyong Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, museum ini terletak di kaki Bukit Turgo dengan latar belakang Gunung Merapi dan Bukit Palawangan.

Museum ini terdiri dari 9 ruang pameran dan disusun dalam tiga elemen berbeda di atas tanah, bawah tanah, dan di atas air. Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi museum ini, kamu bisa datang pada hari Selasa hingga Minggu pukul 08:30 – 15:15 WIB!

Tiket diatur dengan paket wisata. Bagi yang ingin mengikuti tour Adilohong Mataram biayanya 50 ribu toman. Tur ini mengeksplorasi seni dan budaya Jawa. Lalu ada Scriptorium Tour seharga INR 60.000, sangat cocok bagi Anda yang ingin menelusuri timeline sejarah, peradaban, dan budaya Jawa dan nusantara. Selain itu ada tur Vorstenlanden seharga Rp 100rb. Pada tur ini, Anda akan dibawa menelusuri sejarah kekuasaan Jawa dan masa keemasan monarki Yogyakarta melalui berbagai lukisan dan dikemas dengan jajanan dari Beukenhof Bakkerij.

7. Taman bunga matahari Helio Garden

Helio Sunflower Garden di sekitar Kaliwrang, tepat di Jl. Kaliurang KM 21, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Taman yang bersebelahan dengan Museum Merapi ini menampilkan pesona bunga matahari.

Tentu saja tempat wisata di sekitar Kaliwrang ini menjadi spot menarik untuk berfoto bersama teman atau mengabadikan momen selfie yang bisa dibagikan ke media sosial. Biaya masuknya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 saja. Ini adalah tujuan liburan menarik dan terjangkau yang dapat Anda nikmati.

Magdalena Natasia

Pilihan Editor: Menjadi kawasan wisata andalan di Salman, fasilitas wisata Kalirang semakin lengkap



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *