Soal deklarasi pencegahan terhadap Febri Diansyah Cs, KPK: Kita kaji dulu

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemberantasan Tipikor Administratif atau Komisi Pemberantasan Korupsi Administratif Dalam kasus tersebut, tersangka menghalangi keluarnya tiga orang kuasa hukum bernama Fabri Diancia, Rasamala Aritonang, dan Donal Fariz selama 6 bulan. Syahrul Yasin Limpo alias SYL. Hal ini terkait penilaian KPK yang menunjukkan adanya indikasi kegiatan terkait penanganan perkara.

Namun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menyetujui surat perintah deportasi tiga pengacara Visi.

“Pertama, nanti kita dalami. Ini teknis proses penyidikan. Tapi yang pasti fokus kita adalah menuntaskan proses penyidikan dan memberikan bukti-bukti yang cukup,” kata Juru Bicara KPK Ali Fekri di Gedung Merah Putih KPK. , Jumat 10 November 2023. Sembari menyelesaikan proses administrasi penyidikan.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melarang tiga pengacara kasus SYL untuk diperiksa sebagai saksi. Fabri Diancie, Rasamala Aritonang dan Donal Fariz akan bepergian ke luar negeri selama 6 bulan ke depan. Hal ini juga untuk mendukung pengusutan kasus korupsi di Kementerian Keuangan.

Padahal, materi pemeriksaan saat itu membenarkan adanya dokumen yang ditemukan pada surat perintah penggeledahan rumah tiga tersangka Kementerian Pertanian dan dua tersangka lainnya. Jadi harus dikonfirmasi mengenai masalah ini. Makanya data yang kami peroleh juga kami analisa, kata Ali.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Direktur KPK Alexander Marwata, KPK memiliki sejumlah dokumen elektronik terkait Febri Diansyah cs.

Periklanan

“Ada konflik yang kami yakini dapat mengganggu proses penyidikan SYL yang sedang kami tangani,” kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata, Kamis malam, 9 November 2023.

Namun Fabri Diancia sebelumnya mengaku belum mendapat informasi resmi mengenai pencegahan tersebut. “Saya banyak mendapat pertanyaan dari rekan-rekan wartawan tentang larangan bepergian ke luar negeri, tapi saya belum mendapat pengumuman resminya,” kata Fabri saat dikonfirmasi, Rabu, 8 November 2023.

Baca Juga  Penelitian menyebutkan flu meningkatkan risiko serangan jantung

Namun, lanjut mantan Juru Bicara KPK itu, pihaknya akan tetap kooperatif dalam penyidikan.

Fabri mengatakan, yang pasti kami menjalankan tugas kami sebagai pengacara dengan itikad baik dan profesional.

Pilihan Redaksi: KPK mengaku ada tanda-tanda keterlibatan penyidikan dengan menghalangi Febri Diansyah pergi ke luar negeri.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *