4 Fakta Harga Gula Saat Ini Rp 16.000 Kg: Oxon Ekonomi

Jakarta – Badan Pangan Nasional (Bapanas) atau Badan Pangan Nasional (NFA) telah menerapkan penurunan harga gula pasir yang dikonsumsi di tingkat konsumen dari Rp 14.500 per kilogram menjadi Rp 16.000 per kilogram atau Rp 17.000 per kilogram, khususnya di wilayah Maluku, Papua dan daerah tertinggal, terluar dan terpencil. daerah.adalah. dan wilayah dalam.

Hal ini bisa terjadi karena harga gula di dalam dan luar negeri mengalami kenaikan. Kenaikan harga gula telah melampaui Harga Patokan Jual Wajar (HAP).

Badan Pangan Nasional (BAPANAS) atau Badan Pangan Nasional (NFA) juga menjelaskan, penurunan harga gula pasir yang dikonsumsi di tingkat konsumen dilakukan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga gula dalam negeri sehingga bisa menjaga stabilitas pasokan dan harga gula dalam negeri. dijual. Lebih tinggi dari HAP karena harga yang ditetapkan wajar.

Berikut 4 fakta harga gula pasir yang kini naik hingga Rp 16.000, seperti dikutip Okezone, Senin (13/11/2023).

1. Potensi penurunan produksi

Saat ini produksi gula tercatat dengan kemungkinan penurunan produksi dari 2,6 juta ton menjadi sekitar 2,2 hingga 2,3 juta ton. Sedangkan impor gula kristal mentah (GKM) hanya 180.000 ton atau setara 22,61%, dan gula kristal putih (GKP) sebanyak 126.941 ton atau setara 58,82%.

Ikuti berita Okezone Berita Google


2. Pengaruh El Nino

Pendorong kenaikan harga gula saat ini juga merupakan efek domino kekeringan parah akibat El Nino. Oleh karena itu, potensi produksinya berkurang.

3. Tingginya harga gula internasional

Realisasi impor yang masih minim, hal ini juga disebabkan karena beberapa perusahaan yang memiliki kuota impor GKM belum dapat memenuhinya. Hal ini antara lain disebabkan oleh tingginya harga gula internasional sehingga tidak dijual di tingkat konsumen menurut HAP.

Baca Juga  Kisah Bong Tomo, dari Penceramah Mahir Hingga Rumah Mewah di Kawasan Elit Malang: Okezone News

4. Data harga NFA

Dari data panel harga pangan NFA pada 8 November 2023 menunjukkan rata-rata harga gula konsumsi nasional di tingkat konsumen adalah Rp 16.211 per kg, lebih tinggi 11,8% dibandingkan HAP. Sementara itu, data dari Tradingeconomics mencapai 27,95 sen AS per pon, tertinggi dalam lima tahun.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *