Jadi Ikon Baru Jakarta, Investasi BUMN Menara Kembar Capai Rp 1,92 Triliun: Okzon Economic

Jakarta – Wajah ibu kota terus berubah dengan hadirnya menara kembar BUMN yang akan menjadi simbol baru di sekitar Monumen Nasional.Monas). Investasi mega proyek pembangunan menara kembar ini mencapai angka yang luar biasa yakni Rp 1,92 triliun.

Pembangunan menara kembar ini terdiri dari dua proyek besar, Menara Danaraksa dan Menara BSI. Danaraksa Tower sedang dalam tahap pembangunan sejak diresmikan oleh Menteri BUMN Eric Tohir pada 26 Mei 2023, sedangkan BSI Tower baru memasuki tahap awal.

Danaraksa Tower memiliki 22 lantai, meliputi 21 lantai tower dan 1 lantai basement, dibangun di atas tanah seluas 9300 meter persegi. Proyek tersebut melibatkan PT PP (Persero) Tbk sebagai investor, operator dan kontraktor serta PT Danareksa sebagai tuan tanah. Kerja sama tersebut menggunakan skema Kerjasama Komersial (KSU) – Build Operation Transfer (BOT) dengan masa konsesi 30 tahun (2022-2052).

Danareksa Tower menawarkan ruang perkantoran dan ritel 17 lantai, dilengkapi fasilitas modern dan ruang pertemuan lengkap, dari total investasi Rp 824 miliar, dengan kepemilikan 95% PT PP dan 5% PT Danareksa.

BSI Tower, proyek kerjasama antara PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk dan PT PP, mengusung konsep green building dengan sertifikasi emas. Dengan investasi sebesar 1,1 triliun dollar, gedung ini akan memiliki 22 lantai ruang kantor, 1 ballroom, 1 lantai basement dan 9 lantai parking deck.

Ikuti berita Okezone Berita Google


Proses pembangunan Menara BSI akan berlangsung selama 18 bulan dengan menerapkan teknologi konstruksi canggih seperti penggunaan sistem tiang pancang kering, serta perancangan menggunakan Building Information Modeling (BIM).

Dalam upaya menjaga lingkungan, Menara BSI akan dilengkapi dengan panel surya pada bagian atap, sistem otomasi gedung untuk menghemat energi, dan desain kaca DGU (double glazing unit) dengan rongga udara yang efektif menyerap panas matahari.

Baca Juga  Membuat Gaya Hidup Mewah Di Magelang Terbaru

Sebagai bagian dari visi menciptakan kompleks pusat keuangan yang terintegrasi, BSI Tower akan dilengkapi dengan jembatan penghubung yang terhubung secara mulus dengan Danarksa Tower dan menjalin hubungan erat dengan Kementerian BUMN.

Pembangunan ini tidak hanya menciptakan simbol baru bagi Jakarta, namun juga menjadi simbol sinergi yang kuat antar BUMN yang terlibat.

Direktur Utama PTPP Novel Arsyad mengatakan, “Hari ini kita bersama-sama akan memulai sejarah baru Bank Syariah Indonesia dengan acara peletakan batu pertama yang menandai dimulainya kerjasama luar biasa dalam pembangunan Menara BSI.”

Baca selengkapnya: Investasi BUMN Menara Kembar Capai $1,92 Triliun, Ikon Baru Jakarta

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *