Keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai syarat usia calon presiden dan wakil presiden tidak boleh dianggap bersifat jangka pendek.

Liputan6.com, Jakarta Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mewajibkan calon presiden dan wakil presiden berusia minimal 40 tahun atau memiliki pengalaman sebagai kepala daerah tidak boleh dilihat sebagai kepentingan jangka pendek.

Hassan Nasbi, pendiri Cyrus Network, menilai keputusan ini berguna pada pemilu mendatang untuk memberikan kesempatan kepada generasi muda sebagai pemimpin nasional.

“Kalau ini terjadi, kita tidak bisa marah-marah saja, karena kita hanya berpikir pemilu 2024, pemilu masih jauh, selama negara ini masih berdiri, masih ada pemilu, Hassan 2029, Sabtu. (21/10) kepada wartawan: -2034.

Putusan Mahkamah Konstitusi menjadi pintu masuk generasi muda untuk bersaing di pentas nasional. Termasuk anak-anak politisi dan calon presiden masa kini.

“Jadi kalau kita berhenti memandang 2024, kita hanya akan marah pada pekerjaan kita, kita harus melihat jangka panjangnya, jangan khawatir, Mas Alam, anak Mas Ganjar, juga bisa masuk nominasi sebelum usia 40 tahun. Hasan berkata, Itu benar.

Lanjutnya: “Artinya ada peluang, ada kemungkinan anak Bu Pwan lolos ke pentas nasional atau anaknya yang bukan anaknya sehat, sudah resmi terpilih.”

Menurut Hassan, putusan MK tidak bisa dianggap hanya memuluskan perseorangan Wali Kota Gibran Rakaboming Raka sebagai calon wakil presiden. Sebab, kepala daerah muda lainnya terbuka untuk ikut serta dalam Pilpres.

“Jadi ke depan orang-orang ini bisa mewarnai politik nasional, menjadi calon presiden dan calon wakil presiden, jadi kita tidak bisa melihat undang-undang ini hanya sekedar kompensasi karena pemilu tidak hanya pada tahun 2024,” kata Hassan. .

Ditambahkannya, “Kalau ada generasi muda yang punya kualifikasi memadai, ada peluang, kenapa tidak, lagipula undang-undang mengizinkannya.”

Quoted From Many Source

Baca Juga  Hari ini, Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang mengenai batasan usia jabatan presiden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *