mencapai 25 ribu! Nelayan dan pembudi daya ikan terdaftar di e-Kusuka di Kukar

Liputan6.com, Tenggarong Untuk memudahkan penerimaan program bantuan dari pemerintah daerah atau pusat, Dinas Kelautan dan Perikanan Kutai Kartanegara mengajak para nelayan dan pembudi daya ikan untuk memiliki kartu nama elektronik kelautan dan perikanan (e-Kusuka).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kokar Meslik mengatakan saat ini 25.650.000 nelayan dari 35.000 nelayan dan pembudi daya ikan telah mendaftar memiliki e-Kusuka. Katanya, 13 ribu orang lainnya sedang dalam tahap validasi oleh Organisasi Kelautan dan Perikanan Kokar.

Ia mengatakan, “Kartu e-Kusuka memberikan kemudahan kepada nelayan dan petambak ikan. Pemegang kartu dapat memanfaatkan bahan bakar solar (BBM) bersubsidi serta bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah, termasuk program pengendalian inflasi yang memberikan subsidi.

Meslik mengungkapkan, pihaknya menghadapi beberapa kendala dalam pengolahan e-Kusuka, salah satunya adalah terbatasnya jumlah Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) milik Dinas Kelautan dan Perikanan Kokar.

Ia mengatakan, “PPL yang ada hanya sembilan, empat di antaranya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), satu orang berstatus Pegawai Negeri Sipil Kontrak Karya (PPPK), dan sisanya adalah Asisten Pelatih Kementerian.

“Kami selalu berusaha untuk mempercepat prosesnya, seperti melakukan notifikasi dan lain sebagainya,” jelas Meslik.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pemkot kucurkan anggaran Rp 82 miliar untuk Pilkada Kota Depok: Okezone Megapolitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *