Unjuk rasa pro-Palestina dengan bergabungnya Anis Basudan dan Pawan Maharani

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani dan sejumlah pejabat pemerintah lainnya mengikuti aksi pro-Palestina di Kawasan Peringatan Nasional (Monas) Jakarta, Minggu 5 November 2023. Pertemuan ini diadakan untuk mendukung masyarakat. Bagi rakyat Palestina yang terus menyerang tentara Israel.

Menurut Di antaraSelain Pavan, Menteri Agama Yaqut Choleil Komas dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga disebut hadir di kawasan Monas. Anis Basudan, mantan gubernur Jakarta dan calon presiden dari Koalisi Perubahan, juga hadir. Hadir pula mantan Ketua Umum MUI, serta Mohammadia Deen Siamsuddin, mantan Ketua Umum Partai Rakyat yang menjabat Chief Operating Officer.

Puluhan ribu orang memenuhi area tersebut. Mereka kebanyakan mengenakan pakaian berwarna putih. Sebagian besar massa membawa bendera, syal, serta pakaian dengan simbol Palestina dan bahkan poster yang mengecam serangan brutal Israel. Mereka mengutuk serangan militer Israel yang telah menewaskan sekitar 10.000 warga Palestina.

Pawai pro-Palestina dijadwalkan berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dini hari. Akan ada sejumlah ceramah dari tokoh lintas agama.

Aliansi Rakyat Indonesia yang terdiri dari berbagai agama, organisasi gotong royong, kelompok gotong royong diundang untuk ikut serta dalam aksi bela Palestina, kata Ketua Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional MUI Sudarnoto Abdul Hakim dalam konferensi pers. di Jakarta, Kamis (2/11).

Kecaman atas pendudukan Israel di Palestina

Sudarnoto mengatakan, aksi tersebut dilakukan dengan tujuan mengutuk agresi Israel dan pendudukan terhadap rakyat Palestina oleh Israel.

Unjuk rasa pro-Palestina terjadi setelah Israel mulai menyerang warga sipil Palestina pada awal Oktober. Serangan militer di sana dikatakan telah menewaskan sekitar 10.000 warga sipil. Berbagai negara mengutuk serangan Israel dan meminta mereka segera menghentikannya.

Baca Juga  Sebanyak 8,9 ton pala asal Maluku berhasil masuk ke pasar Belanda

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan

Pemerintah Indonesia sendiri mengirimkan 51,5 ton bantuan kemanusiaan ke Palestina pada Sabtu lalu. Bantuan ini mencakup segala macam kebutuhan seperti pangan dan obat-obatan, sandang bagi perempuan dan anak-anak. Ada juga peralatan pendukung disabilitas – perlengkapan kebersihan, selimut dan banyak lagi.

Bantuan tersebut dikirim ke bandara al-Arish di Mesir, yang merupakan kota terdekat dengan Gaza. Dari bandara, bantuan diserahkan ke Bulan Sabit Merah Mesir, yang kemudian didistribusikan ke Gaza melalui Badan Pengungsi PBB (UNRWA) dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) – dua lembaga kemanusiaan yang beroperasi di Gaza.

Di antara

Pilihan Editor: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan berpartisipasi dalam unjuk rasa pro-Palestina di Monas pada hari Minggu

klik disini Untuk mendapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *