Bagaimana pemerintah wilayah Kokar memberdayakan usaha kecil dan menengah, mulai dari pendidikan kewirausahaan hingga sertifikasi halal

Pemerintah Kabupaten Kokar sangat konsen dalam memberdayakan usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Hingga saat ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kokar mencatat terdapat 11.810 usaha kecil dan menengah yang tersebar di 20 kecamatan.

Kepedulian pemerintah Kabupaten Kokar terlihat saat menggelar festival Kokar Kaya beberapa bulan lalu. Beragam acara tingkat subdivisi yang menghadirkan seniman-seniman ibu kota serta pertunjukan tari budaya dengan kearifan lokal dihadirkan, sehingga meningkatkan aktivitas UMKM di desa-desa terpencil.

“Kita sudah melihat dampak dari program Festival Kokar Kaya, misalnya banyak pelaku usaha di subdaerah yang terbantu,” kata Wakil Kepala Staf Raja Muda Kokar, Rehmat Darmawan, Senin (11 /9/2023). )

Selain itu, permodalan bagi UMKM juga dipermudah dengan hadirnya program kredit Kukar Idaman (KKI). Saat ini, program ini telah mencapai 8 miliar Rial.

Angka tersebut telah berhasil memberikan manfaat kepada 530 pelaku usaha di Kokar dan program ini akan dilaksanakan mulai Oktober 2021 bekerja sama dengan Bankaltimtara.

Program KKI ditujukan bagi masyarakat yang ingin memulai usaha. Agar mereka tidak terjebak oleh rentenir yang bisa membebani mereka dengan bunga tinggi

Dukungan terhadap kemandirian pelaku komersial juga didorong melalui sektor perikanan yaitu Poklesar (kelompok pengolah dan pemasar ikan) yang jumlahnya semakin meningkat setiap tahunnya.

Tak ayal, pada awal Mei 2023, di masa pemerintahan Eddy Randi, pemerintah gencar memberikan sarana dan prasarana kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan Kelompok Perikanan (Pukdekan). belas kasihan

Quoted From Many Source

Baca Juga  Jadwal Persib Bandung: Libur 5 hari di match day FIFA lalu menghadapi Dewa United

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *